Persepsi Pengunjung Pasca Revitalisasi Kawasan Wisata Jam Gadang di Bukittinggi

Hakim, Hifzanul (2021) Persepsi Pengunjung Pasca Revitalisasi Kawasan Wisata Jam Gadang di Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_HIFZANUL_HAKIM_16135091_549_2021.pdf] Text
B1_4_HIFZANUL_HAKIM_16135091_549_2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kota Bukittinggi adalah salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Sumatera Barat, salah satu ikon Kota Bukittinggi adalah Jam Gadang, yang telah selesai di revitalisasi pada tahun 2019 lalu oleh Pemerintah Kota Bukittinggi yang melakukan perombakan besar-besaran pada kawasan sekitar Jam Gadang dengan tujuan meningkatkan kenyamanan pengunjung dan membuat kawasan Jam Gadang lebih bagus dan bisa menarik banyak minat wisatawan, dari hasil observasi dan wawancara dengan pengunjung masih ditemui beberapa kekurangan sesudah revitalisasi, diantaranya area teduh disekitaran kawasan Jam Gadang sudah jauh berkurang sehingga kalau siang hari kesannya gersang, atraksi seni yang sedikit, fasilitas restroom yang terbatas, akses dari lokasi parkir yang lumayan jauh, dan papan informasi mengenai sejarah Jam Gadang yang terbatas. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang kepuasan pengunjung pasca revitalisasi kawasan Jam Gadang demi mengetahui persepsi pengunjung terhadap revitalisasi kawasan Jam Gadang melalui empat indikator: 1) Atraksi, 2) Aksesibilitas, 3) Fasilitas 4) Layanan Tambahan.
Jenis penelitian digolongkan kepada penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Kawasan Jam Gadang dengan tujuan berwisata. Sampel penelitian berjumlah 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaknik teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono 2015:85). Peneliti menetapkan sampel adalah pengunjung yang sudah berkunjung sebelum revitalisasi ke kawasan Jam Gadang dan berumur 17 tahun ke atas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah teruji reliabilitasnya dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada 100 responden tentang persepsi pengunjung pasca revitalisasi maka didapatkan hasil 37% dari 100 responden memilih sangat setuju puas terhadap kawasan Jam Gadang pasca revitalisasi, kemudian 37% dari 100 responden menyatakan setuju puas dengan kawasan wisata Jam Gadang pasca Revitalisasi, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi pengunjung atau responden dengan kawasan wisata Jam Gadang pasca revitalisasi sudah memuaskan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Hospitality
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:39
Last Modified: 26 Jun 2025 08:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item
View Item