Pengaruh Penerapan Model Pebelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI ISSMA N 1 Asam Kumbang Skripsi Jurusan Sosiologi UNP

Fitri, Hidayatul Hidayatul (2013) Pengaruh Penerapan Model Pebelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI ISSMA N 1 Asam Kumbang Skripsi Jurusan Sosiologi UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_HIDAYATUL_FITRI_84782_2079_2014.pdf] Text
B1_4_HIDAYATUL_FITRI_84782_2079_2014.pdf

Download (340kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep Sosiologi siswa disebabkan oleh berbagai
faktor, salah satunya pelaksanaan pembelajaran yang kurang baik atau tepat. Salah
satu model pembelajaran yang dapat digunakan melihat hasil belajar adalah
Student Facilitator And Explaining. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining
terhadap pemahaman konsep sosiologi siswa. Hipotesis yang dikemukakan adalah
pemahaman konsep sosiologi siswa menggunakan model pembelajaran Student
Facilitator And Explaining lebih baik dari hasil belajar sosiologi dengan
pembelajaran konvensional.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
pretest–posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XISMA N 1 Asam
Kumbang yang terdaftatar tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel
dengan teknik random kelompok, dimana sebagai kelas kontrol adalah kelas X2
dan kelas eksperimen X1.
Berdasarkan Pengolahan data tes dlakukan dengan menggukan uji t.
Setelah dianalisis diperoleh thitung 2,24 dengan taraf nyata 0,02 dan df 58
diperoleh ttabel sebesar 2,02 karena thitung>ttabel maka hipotesis penelitian diterima.
Oleh karena itu, berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan
pemahaman konsep sosiologi siswa. Uji t juga dilakukan pada setiap konsep dasar
pada konsep dasar pengertian di peroleh thitung 2,03, pada konsep dasar ciri-ciri
thitung 2,06, pada konsep dasar tujuan thitun 2,14, pada kensep dasar bentuk thitung
2,43, pada konsep dasar fungsi diperoleh thitung 2,16, pada konsep dasar syarat thitug
2,20, pada konsep dasar dasar pembentukan diperoleh thitung 2,28, pada konsep
dasar dampak diperoleh thitung 2,08dengan t table 2,02 dan df 58 berarti dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat
meningkatkan pemahaman konsep sosiologi kategori memberi contoh

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:38
Last Modified: 26 Jun 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item
View Item