Pengembangan Handout IPA Fisika Berbentuk Komik Berdasarkan Model PBM untuk Pembelajaran Siswa Kelas IX Semester I pada Konsep Kelistrikan di SMP N 1 Pancung Soal

Safitri, Ridha Lifani (2014) Pengembangan Handout IPA Fisika Berbentuk Komik Berdasarkan Model PBM untuk Pembelajaran Siswa Kelas IX Semester I pada Konsep Kelistrikan di SMP N 1 Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIDHA_LIFANI_SAFITRI_96894_1361_2014.pdf] Text
B1_5_RIDHA_LIFANI_SAFITRI_96894_1361_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA Fisika yang masih terpusat pada guru, dan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat digunakan oleh siswa. Pembelajaran IPA Fisika menuntut siswa untuk mencari, mengalami, menggali, dan menemukan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan handout IPA Fisika berbentuk komik berdasarkan model PBM pada konsep kelistrikan yang valid, praktis, dan efektif serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan handout IPA Fisika berbentuk komik berdasarkan model PBM. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek dari penelitian adalah handout IPA Fisika berbentuk komik berdasarkan model PBM yang diujicobakan kepada siswa kelas IX1 SMP Negeri 1 Pancung Soal. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas, soal tes hasil belajar dalam ranah kognitif dan lembar observasi ranah afektif siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, skala likert, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, deskripsi desain handout IPA Fisika berbentuk komik sudah memenuhi unsur-unsur handout menurut depdiknas. Kedua, nilai validitas handout sangat tinggi dengan rata-rata 82,6. Ketiga, penggunaan handout IPA Fisika berbentuk komik sangat praktis dengan nilai validitas kepraktisan menurut guru 9,25 dan nilai kepraktisan menurut siswa 89,3. Keempat, efektivitas oleh siswa dalam kategori sangat efektif dengan nilai rata-rata 89,2 dan terjadi peningkatan hasil belajar IPA Fisika siswa yang berarti dalam ranah kognitif dengan nilai uji t adalah 17,18 serta ranah afektif dengan nilai rata-rata afektif 71. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa handout yang sudah dikembangkan memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang baik serta bisa meningkatkan hasil belajar sisw

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT IPA FISIKA,
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:38
Last Modified: 26 Jun 2025 08:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item
View Item