Muzniah, Muzniah (2015) Perbandingan Hasil Belajar Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Menggunakan Metode Belajar Bimbingan Tutorial Sebaya secara Kelompok pada Model Pembelajaran kooperatif dengan Metode Tutorial Sebaya pada Model Pembelajaran langsung di SMP N 2 Meral Tanjung Balai Karimun. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUZNIAH_2323_2015.pdf [thumbnail of B1_5_MUZNIAH_2323_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUZNIAH_2323_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TIK yang
menggunakan metode belajar bimbingan tutorial sebaya kelompok dengan tutorial
sebaya pada model pembelajaran langsung di kelas VII SMP N 2 Meral Tanjung
Balai Karimun Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan teknik
nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah
VII.2 menggunakan metode tutorial sebaya pada model pembelajaran langsung
dan kelas eksperimen adalah VII.1 menggunakan metode belajar bimbingan
tutorial sebaya kelompok pada model pembelajaran kooperatif.
Teknik pengumpulan data dari post-test setiap pertemuan, kemudian
dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil
penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 79,70 , sedangkan kelas
kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,05. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf
signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 8,526> 2,032, karena thitung besar
dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode belajar bimbingan
tutorial sebaya secara kelompok lebih baik dibandingkan dengan metode tutorial
sebaya yang diterapkan pada model pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode belajar bimbingan tutorial sebaya kelompok, metode tutorial sebaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:34 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14803 |