Muzdalifatin, Muzdalifatin (2012) Keterampilan Mencatat Pelajaran Siswa dan Upaya Guru BK untuk Meningkatkannya: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas X SMAN 1 Canduang Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUZDALIFATIN_88037_2369_2012.pdf [thumbnail of B1_5_MUZDALIFATIN_88037_2369_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUZDALIFATIN_88037_2369_2012.pdf
Download (995kB)
Abstract
Mencatat merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, mencatat dapat membantu meningkatkan daya ingat, tanpa mencatat dan mengulanginya kebanyakan orang hanya mampu mengingat sebagian kecil materi yang mereka baca atau yang mereka dengarkan. Berdasarkan kenyataan yang ditemukan di SMA N 1 Canduang mengenai keterampilan mencatat pelajaran siswa diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki catatan pelajaran tidak lengkap. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian mengenai keterampilan mencatat pelajaran siswa dengan tujuan agar memperoleh gambaran mengenai bagaimana keterampilan siswa kelas X SMAN 1 Canduang dalam mencatat pelajaran.
Penelitian ini berbentuk deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan keterampilan siswa dalam mencatat pelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Canduang yang berjumlah 95 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang mengungkapkan keterampilan siswa dalam mencatat pelajaran, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa beberapa siswa kelas X SMAN 1 Canduang belum memiliki keterampilan yang baik dalam mencatat pelajaran, yang ditandai dengan (1) keterampilan dalam membuat catatan pelajaran sebanyak 53,8% siswa yang belum terampil, ini dikategorikan kurang baik, (2) keterampilan dalam melengkapi catatan pelajaran sebanyak 79,4% siswa yang belum terampil, hal ini dapat dikategorikan tidak baik. Oleh sebab itu diharapkan kepada siswa untuk meningkatkan keterampilannya dalam mencatat pelajaran. Diharapkan kepada guru BK untuk membantu meningkatkan keterampilan mencatat pelajaran siswa dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:06 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14801 |