Mila, Muzam (2016) Faktor-Faktor Penyebab Siswa Membolos dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_MUZAM_MILA_96138_1931_2016.pdf [thumbnail of B1_5_MUZAM_MILA_96138_1931_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_MUZAM_MILA_96138_1931_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Di lingkungan sekolah, pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan yang merentang dari pelanggaran ringan sampai pelanggaran tingkat tinggi. Salah satu contoh dari pelanggaran tata tertib misalnya siswa yang membolos. Siswa tidak berada di sekolah pada saat jam-jam efektif belajar dan tidak meninggalkan keterangan yang sah dari orang tua. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab siswa membolos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa membolos di SMPN 12 Padang.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa yang membolos yang ada di SMPN 12 Padang, sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor penyebab siswa membolos berada pada kategori tinggi dengan rincian 1.) Faktor-faktor penyebab dari segi faktor internal berada pada kategori sedang, 2.) Faktor-faktor penyebab dari segi faktor eksternal berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini, saran yang diberikan guru pembimbing adalah agar guru pembimbing memberikan berbagai jenis layanan kepada siswa tersebut sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa, tujuannya untuk mengoptimalkan agar siswa tidak cenderung melakukan perilaku membolos.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14792 |