Pengembangan Modul Berbasis Mind Map dengan Tampilan Majalah pada Materi Fungi untuk SMA

Sari, Mira (2012) Pengembangan Modul Berbasis Mind Map dengan Tampilan Majalah pada Materi Fungi untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_MIRA SARI_05002.pdf] Text
B1_4_MIRA SARI_05002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman guru terhadap kebutuhan peserta didik sangat penting untuk
membantu dalam mencapai hasil belajar yang lebih baik. Ada banyak hal yang
bisa dilakukan guru untuk itu, salah satunya adalah dengan mengembangkan
bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Modul berbasis mind
map dengan tampilan majalah merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan
siswa memahami materi biologi. Di SMAN 2 Padang Panjang modul berbasis
mind map dengan tampilan majalah belum ada. Berdasarkan hal tersebut, telah
dilakukan penelitian pengembangan modul berbasis mind map dengan tampilan
majalah yang valid dan praktis pada materi fungi untuk siswa SMA kelas X.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan
model 4–D yang telah dimodifikasi, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian),
design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba modul
berbasis mind map dengan tampilan majalah adalah 1 orang guru dan 34 orang
siswa SMAN 2 Padang Panjang kelas X. Data penelitian adalah data primer yang
terdiri dari validitas, praktikalitas, dan efektifitas guru dan siswa. Data dianalisis
dengan analisis deskriptif berupa persentase.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan telah dihasilkan modul berbasis
mind map dengan tampilan majalah pada materi fungi untuk SMA yang valid dan
praktis. Nilai validitas yang diperoleh adalah 89,26% dengan kriteria valid
sedangkan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 84,14% dan oleh guru adalah
82,40% dengan kriteria praktis. Hasil nilai efektifitas yang diperoleh dari siswa
86,23% dengan kriteria efektif dan dari guru 90% dengan kriteria sangat efektif.
Hal ini berarti modul berbasis mind map dengan tampilan majalah sudah dapat
digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:02
Last Modified: 26 Jun 2025 05:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item
View Item