Japami, Wingfi (2018) Efekrivitas Pelayanan Keliling Online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ WINGFI_JAPAMI_195_14042018_2019.pdf [thumbnail of B1_05_ WINGFI_JAPAMI_195_14042018_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ WINGFI_JAPAMI_195_14042018_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sejak diberlakukannya kebijakan tentang pelaksanaan stelsel aktif pegawai di tuntut untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Pelayanan keliling online merupakan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar dengan mendatangi Nagari-nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar, namun dalam pelaksanaannya masih menemui berbagai permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan keliling online, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan keliling online.
Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar, Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo dan Nagari Sungayang Kecamatan Sungayang. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik penguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian tujuan dalam pelayanan ini belum menyeluruh, hal tersebut menunjukkan bahwa lemahnya pencapaian tujuan secara menyeluruh mengakibatkan kurang efektifnya pelayanan keliling online ini. Karena terdapat kendala diantaranya kesadaran masyarakat yang rendah untuk mengurus dokumen kependudukan, kurangnya sosialisasi dan permasalahan jaringan internet dibeberapa Nagari yang membuat kegiatan pelayanan terhambat. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan efektivitas pelayanan yaitu melakukan kerja sama dengan pihak nagari untuk sosialisasi kepada masayarakat, membeli peralatan penguat jaringan dan melakukan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di lingkup Kabupaten Tanah Datar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Keliling Online Dinas Kependudukan |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14776 |