Oktavia, Ridha Arahmi (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Strategi Learning Starts With A Question dengan Mengintegrasikan Nilai Karakter Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIDHA_ARAHMI_OKTAVIA_54926_681_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RIDHA_ARAHMI_OKTAVIA_54926_681_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIDHA_ARAHMI_OKTAVIA_54926_681_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pencapaian ketuntasan belajar Fisika menunjukkan hasil yang belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang efektifnya bahan ajar dan pelaksanaan proses pembelajaran. Pembelajaran Fisika seharusnya dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mendorong keaktifan belajar siswa sehingga hasil belajar Fisika siswa dapat ditingkatkan. LKS berorientasi Learning Starts With A Question merupakan salah satu bahan pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan LKS berorientasi strategi Learning Starts With A Question dengan mengintegrasikan nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 6 Padang pada ranah kognitif, afektif, dan nilai karakter. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI IPA di SMAN 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 kecuali kelas XI IPA1 yang merupakan kelas unggul. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA2 yang terdiri atas 30 siswa dan kelas XI IPA3 yang terdiri atas 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis hasil belajar untuk ranah kognitif dan pengamatan/observasi untuk ranah afektif dan nilai karakter. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis tentang kesamaan dua rata-rata menggunakan statistik uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan afektif sedangkan untuk nilai karakter dibuat dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKS berorientasi strategi Learning Starts With A Question dengan mengintegrasikan nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 6 Padang” pada ranah kognitif, afektif dan nilai karakter secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Kesimpulannya, LKS berorientasi strategi Learning Starts With A Question dengan mengintegrasikan nilai karakter dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa pada ranah kognitif, afektif, dan nilai karakter.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:53 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14773 |