Putra, Ricky Ariandi (2011) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Penggunaan Alat ukur Listrik (PAUL) untuk Siswa Kelas X Jurusan Audio Video di SMKN 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RICKY_ARIANDI_PUTRA_76597.pdf [thumbnail of B1_5_RICKY_ARIANDI_PUTRA_76597.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RICKY_ARIANDI_PUTRA_76597.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMKN 2 Solok, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Penggunaan Alat ukur Listrik (PAUL) yang ditetapkan sekolah yaitu 70,00 dengan rentangan 0 - 100. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar menggunakan Macromedia Flash dengan hasil belajar pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 2 Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan dengan menggunakan Macromedia Flash dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji homogenitas dan normalitas, sedangkan uji hipotesis juga dilakukan secara manual. Melalui hasil tes penelitian di dapat hasil belajar rata-rata siswa yang menggunakan Macromedia Flash yaitu 78 sementara siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional lebih rendah yaiu 67,71. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, dengan menggunakan uji t, maka hasil pengujian diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel , maka hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian diperolehlah kesimpulan bahwa sifat hubungan belajar siswa saat pembelajaran dikelas menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan kelas dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH, HASIL BELAJAR MATA DIKLAT, ALAT UKUR LISTRIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:48 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14764 |