Nurhidayati, Sri (2012) Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Penyajian Macromedia Director dan Slide Powerpoint pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sitiung Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SRI NURHIDAYATI_66859.pdf [thumbnail of B1_4_SRI NURHIDAYATI_66859.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SRI NURHIDAYATI_66859.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami konsep-konsep pelajaran
Biologi di SMAN I Sitiung, Kabupaten Dharmasraya menuntut guru sebagai
pemegang kendali proses pembelajaran untuk memilih pendekatan, metode,
model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satunya menggunakan media
pembelajaran yang tepat. Pembelajaran dengan menggunakan media ini
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas serta hasil belajar
biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil
belajar biologi siswa antara yang menggunakan macromedia director dan slide
powerpoint pada Kelas X Semester II SMAN I Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Tahun Pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
percobaan Randomized Only Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMAN I Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Sampel diambil dengan
menggunakan Purposive cluster Sampling dan setelah didapat kelas yang sama
atau mendekati sama maka dilakukan pengundian untuk menentukan kelas
eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, sehingga diperoleh sebagai kelas
eksperimen 1 adalah kelas X4 dan kelas eksperimen 2 adalah kelas X6. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa pilihan
ganda, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan kriteria jika th>tt
hipotesa diterima jika sebaliknya th<tt hipotesa ditolak.
Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen I sebesar 74,92 dan siswa kelas
eksperimen II sebesar 61,52. Dari hasil analisis data uji hipotesis yang dilakukan
pada taraf 0,05 didapatkan th = 6,09 sedangkan tt = 2,00 berarti hipotesa diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
biologi siswa antara yang menggunakan macomedia director dan slide powerpoint
pada siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Tahun
Pelajaran 2011/2012. Dengan kata lain penggunaan macromedia director dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14758 |