Ramadhani, Richi Febri (2019) Komparasi Model Pembelajaran Discovey Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RICHI_FEBRI_RAMADHANI_15076073_3656_2019.pdf [thumbnail of B1_5_RICHI_FEBRI_RAMADHANI_15076073_3656_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RICHI_FEBRI_RAMADHANI_15076073_3656_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, digunakan untuk meneliti perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen (Eksperimen semu). Penentuan sampel dengan teknik non probability sampling dengan sampling purposive, dimana sebagai kelas eksperimen adalah X TKJ 2 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan sebagai kelas kontrol yg menggunakan Discovery Learning. Data yang telah didapatkan dari Posttest akhir pembelajaran kemudian dianalisis untuk mendapatkan uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh data kelas Eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 86,11 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 80,43. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimana thitung > ttabel atau thitung< -ttabel, dimana 2,336> 2,101 atau -2,336< -2,101 maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 5 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, DISCOVERY LEARNING, PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14756 |