Haryuni, Sri (2013) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Media Domino Segitiga di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SRI_HARYUNI_99250_2583_2013.pdf [thumbnail of B1_4_SRI_HARYUNI_99250_2583_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SRI_HARYUNI_99250_2583_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam
mengenal bilangan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Satu
Kabupaten Pesisir Selatan. Permasalahan ini diduga berkaitan dengan penggunaan
media pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran. Tujuan
penelitian untuk menemukan peningkatan kemampuan anak dalam menyebutkan
urutan bilangan, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan.
Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan Tindakan Kelas. Subjek
penelitian adalah anak kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Kenanga Satu
sebanyak lima belas orang. Pengumpulan data melalui observasi. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah format observasi. Analisis data menggunakan
persentase.
Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam
menyebutkan urutan bilangan, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang
bilangan melalui media domino segitiga dengan hasil yang tinggi. Pendidik
PAUD disarankan untuk menggunakan suatu media dalam pembelajaran
mengenal bilangan, agar pemahaman anak terhadap bilangan yang bersifat abstrak
lebih mudah. Media harus menarik dan disesuaikan dengan tema pembelajaran
serta tahapan perkembangan anak. Media yang disarankan salah satunya yaitu
media domino segitiga.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:33 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14753 |