Perbedaan Motivasi Belajar Berasarkan Jalur Masuk Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2012 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Lestari, Sri (2015) Perbedaan Motivasi Belajar Berasarkan Jalur Masuk Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2012 di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SRI_LESTARI_18621_2909_2015.pdf] Text
B1_4_SRI_LESTARI_18621_2909_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi merupakan salah satu hal yang menentukan proses belajar
hingga hasil belajar mahasiswa. Untuk mendapatkan calon mahasiswa yang
memiliki motivasi belajar yang tinggi, pemerintah melalui universitas telah
menerapkan cara-cara tertentu untuk menyaring calon mahasiswa yang dikenal
dengan jalur masuk universitas. Jalur masuk di Universitas Negeri Padang
khususnya di Jurusan Sosiologi antara lain: PMDK, Bidik Misi, SNMPTN dan
Reguler Mandiri. Akan tetapi karena adanya beasiswa Bidik Misi membuat
mahasiswa Bidik Misi tersebut cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih
tinggi. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk
mengungkapkan perbedaan motivasi belajar berdasarkan jalur masuk pada
mahasiswa Sosiologi angkatan 2012 di Fakultas Ilmu Sosial UNP.
Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif dengan tipe
penelitian ex post facto atau yang disebut juga dengan penelitian kausal
komparatif (Causal Comparative Research). populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Sosiologi angkatan 2012 yang diterima pada jalur masuk PMDK,
SNMPTN, Bidik Misi, dan Reguler Mandiri. Sampel penelitian ini diambil secara
proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 47 orang. Teknik
yang digunakan dalam metode pengumpulan data adalah metode kuesioner.
Teknik analisis data yang digunakan antara lain uji normalitas dengan rumus
Liliefors dan uji hipotesis dengan rumus Annova Tunggal.
Hasil uji hipotesis dengan rumus Annova Tunggal diperoleh nilai Fhitung
0,0149 lebih kecil dari nilai Ftabel 2,82, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan
yang signifikan antara motivasi belajar yang diperoleh mahasiswa berdasarkan
jalur masuk. Selain itu, dari hasil uji hipotesis terhadap lima indikator motivasi
belajar yaitu (1)ketekunan belajar, (2)ulet dalam belajar, (3)perhatian dalam
belajar, (4)mandiri dalam mengerjakan tugas dan (5)tanggung jawab dalam
pembelajaran, juga tidak ditemukan perbedaan setiap indikator motivasi belajar
dari jalur masuk PMDK, Bidik Misi, SNMPTN dan Reguler Mandiri. Hasil
analisis tersebut menunjukkan bahwa jalur masuk mahasiswa bukan menjadi salah
satu penyebab perbedaan motivasi belajar karena dari lima indikator motivasi
belajar tidak ditemukan perbedaan berdasarkan jalur masuk mahasiswa Sosiologi
pada angkatan 2012. Hal ini terjadi karena walaupun mahasiswa berasal dari jalur
masuk berbeda akan tetapi mereka mendapatkan hak dan kewajiban yang sama
sehingga tidak menyebabkan perbedaan perlakuan yang berakibat pada perbedaan
motivasi belajar mahasiswa Sosiologi. Rendah atau tingginya motivasi belajar
mahasiswa Sosiologi sepenuhnya didasari oleh motivasi intrinsik masing-masing
individu bukan berdasarkan jalur masuk dari masing-masing mahasiswa.
6

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:33
Last Modified: 26 Jun 2025 02:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14751

Actions (login required)

View Item
View Item