Putra, Rizky Ferdian (2014) Hubungan Disiplin Perkuliahan dengan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Survey dan Pemetaan 1 Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIZKY_FERDIAN_PUTRA_87686_3291_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RIZKY_FERDIAN_PUTRA_87686_3291_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIZKY_FERDIAN_PUTRA_87686_3291_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah adanya ketidakdisiplinan mahasiswa dalam perkuliahan Survey dan Pemetaan 1. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan disiplin perkuliahan dengan
hasil belajar mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2013/2014. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah deskriptif korelasional. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 150 mahasiswa dari 9 seksi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan adanya pertimbangan pertimbangan
tertentu maka seksi 45574 terpilih menjadi sampel. Data
penelitian diperoleh dari rubrik yang kemudian dianalisis menggunakan teknik Pearson Correlation dengan program SPSS versi 15.00.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa derajat pencapaian disiplin perkuliahan mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa tergolong cukup. Dari hasil analisis korelasi ditemukan hitungan yang signifikan antara disiplin perkuliahan dengan hasil belajar, dengan r = 0.799 dan Signifikan Alpha 0.000 < 0.05.
Besarnya kontribusi disiplin perkuliahan terhadap hasil belajar sebesar 63.84%.Berarti terdapat kontribusi yang positif antara disiplin perkuliahan dengan hasil
belajar pada mata kuliah Survey dan Pemetaan 1.
hitung
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:32 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14745 |