Kemandirian Siswa SMK Kelas XI dalam Pengambilan Keputusan Karir.

Fitri, Emilia (2019) Kemandirian Siswa SMK Kelas XI dalam Pengambilan Keputusan Karir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_EMILIA_FITRI_15006034_5865_2019.pdf] Text
B1_5_EMILIA_FITRI_15006034_5865_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa perlu memiliki kemandirian perilaku dalam memutuskan karirnya.Akan tetapi, masih ditemukan siswa yang kurang memiliki kemandirian dalampengambilan keputusan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankemandirian perilaku siswa dalam pengambilan keputusan karir ditinjau dari (1)kemampuan pengambilan keputusan, (2) kekuatan terhadap pengaruh orang lain,dan (3) memiliki rasa percaya diri.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatandeskriptif. Populasi penelitian siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Padang denganjumlah 389 orang siswa dan sampel 197 orang siswa dengan pengambilan sampelpurposif (purposive sampling). Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data yangdiperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik presentase.Temuan penelitian ini mengungkap bahwa kemandirian siswa SMK kelasXI dalam pengambilan keputusan karir ditinjau dari aspek (1) kemampuanpengambilan keputusan berada pada kategori tinggi, (2) kekuatan terhadappengaruh orang lain berada pada kategori tinggi, dan (3) memiliki rasa percayadiri berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasecara umum kemandirian siswa SMK Kelas XI dalam pengambilan keputusankarir dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN SISWA, PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:31
Last Modified: 26 Jun 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item
View Item