Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Prestasi Sekolah (Studi di SMAN 1 Banuhampu Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam)

Rahmatika, Sri (2015) Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Prestasi Sekolah (Studi di SMAN 1 Banuhampu Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_SRI_RAHMATIKA_1101772_4538_2015.pdf] Text
B1_4_SRI_RAHMATIKA_1101772_4538_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

SMAN 1 Banuhampu merupakan sekolah yang berdiri 10 tahun, tetapi
sekolah ini sudah mengalami perkembangan pesat. Sekolah ini banyak meraih
prestasi siswa, prestasi guru dan meningkatnya pembangunan sarana prasarana
sekolah. Sekolah ini mengalami keberhasilan pada saat dipimpin oleh kepala
sekolah HM yang merupakan kepala sekolah yang keempat yang sudah menjabat
hampir 6 tahun sampai sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan
upaya kepala sekolah meningkatkan prestasi siswa dan pembangunan sarana
prasarana sekolah di SMAN 1 Banuhampu.
Penelitian ini dipandu dengan kerangka teori berprestasi dari Mc Clelland.
Asumsi dasar dari teori berprestasi yaitu (1) kebutuhan akan berprestasi (need of
achievement) yaitu dorongan dalam diri untuk mencapai prestasi (2) kebutuhan
akan afilisasi (need affiliation) yaitu dorongan untuk membangun hubungan yang
akrab dengan orang lain (3) kebutuhan dan kekuasaan (need of power) yaitu
dorongan untuk mempengaruhi orang lain agar tunduk pada kehendaknya.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan tipe studi
kasus. Tipe studi kasus ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang
menyeluruh dan mendalam mengenai upaya kepala sekolah meningkatkan prestasi
siswa dan pembangunan sarana prasarana sekolah di SMAN 1 Banuhampu.
Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
dengan jumlah informan sebanyak 30 orang. Metode yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu
dilakukan triangulasi dan terakhir melakukan analisis data model interaktif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan upaya kepala sekolah meningkatkan
prestasi siswa, yaitu : (a) Melakukan pengembangan dibidang akademik, seperti :
mengadakan pelatihan bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan, mengadakan
sekolah sore untuk siswa kelas XII yang akan mengahadapi UN, dan memberikan
motivasi dan zakat kepada siswa yang tamat untuk melanjutkan ke perguruan
tinggi, (b) Melakukan pengembangan dibidang non akademik dengan adanya
pengembangan ektrakurikuler, (c) Pemberian reward untuk memotivasi
berprestasi. Sedangkan upaya kepala sekolah meningkatkan sarana prasarana
sekolah yaitu, : (a) Mengumpulkan dana dengan membangun kerjasama dengan
komite sekolah dan pemerintahan, (b) Penyediaan lahan dengan membangun
kerjasama yang baik dengan masyarakat, (c) Adanya GERBU (Gerakan Seribu).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:29
Last Modified: 26 Jun 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14730

Actions (login required)

View Item
View Item