Fernanda, Rizki (2015) Pengaruh Penerapan Modul Dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester 1 di SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIZKI_FERNANDA_05060_5493_2015.pdf [thumbnail of B1_5_RIZKI_FERNANDA_05060_5493_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIZKI_FERNANDA_05060_5493_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan fakta di lapangan secara umum, salah satunya siswa kurang mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan tidak mengembangkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan modul dalam
pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Selain itu dapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran serta mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas X SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015.
Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas Xipa 2 sebagai kelas kontrol dan kelas Xipa 1 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian adalah hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.Instrumen penelitian adalah tes akhir, lembar observasi dan lembar penilaian unjuk kerja.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada aspek pengetahuan adalah 79,23, untuk kelas eksperimen dan 74,67 untuk kelas kontrol. Pada aspek sikap adalah 82,17 untuk kelas eksperimen dan 78,11 untuk kelas
kontrol. Selanjutnya pada aspek keterampilan diperoleh 76,93 untuk kelas eksperimen dan 74,11 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok sampel pada aspek pengetahuan didapatkan thitung = 1,86 yang lebih
besar dari t tabel = 1,67. Pada aspek sikap didapatkan t
hitung = 3,15 yang lebih besar dari t tabel = 1,67 dan. pada aspek keterampilan didapatkan t hitung = 1,68 lebih besar dari t tabel = 1,67. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang berarti penggunaan modul dalam pembelajaran discovery
learning terhadap hasil belajar fisika di kelas X SMA semester I SMAN 1 Kubung dapat diterima pada taraf nyata 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:28 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14729 |