Efektivitas Metode Latihan Sensoris Motor Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Tunarungu Sedang (Single Subject Research Kelas DI/IB SDLB N 015 Bangkinang, Riau)

Darwis, Defni (2014) Efektivitas Metode Latihan Sensoris Motor Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Anak Tunarungu Sedang (Single Subject Research Kelas DI/IB SDLB N 015 Bangkinang, Riau). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DEFNI_ DARWIS_95934_1053_2014.pdf] Text
B1_2_DEFNI_ DARWIS_95934_1053_2014.pdf

Download (874kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pada kurikulum pendidikan di
Indonesia menuntut anak untuk bisa menulis, namun pada kenyataan yang peneliti
temukan banyak anak yang belum bisa menulis, apalagi menulis huruf. Peneliti
menemukan masalah yang di alami seorang anak yang belum bisa menulis huruf,
khususunya menulis huruf vokal .Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan
efektivitas metode latihan sensoris dalam meningkatkan kemampuan menulis
huruf bagi anak tunarungu sedang di SDLB N 015 Bangkinang. Jenis penelitian
yang digunakan adalah single subject research dengan desain A-B.A
Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung
terhadap kemampuan hasil latihan yang diberikan pada anak X. Data direkam
melalui prosedur Event Recording yaitu member tanda ceklist (√) pada sejumlah
hasil tulisan yang ditulis dengan tepat. Jenis target behaviornya berupa persentase.
Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk
Visual Analysis of Grafik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak X dalam
menulis huruf vokal dapat meningkat secara signifikan. Hasil penelitian yang
dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak tujuh
kali dan kondisi intervensi sebanyak tujuh kali dan baseline akhir sebanyak tujuh
kali.Halini menunjukkan pada kondisi basiline (A) kemampuan menulis huruf
vocal pada anak tunarungu sedang rendah yaitu 10%. Kemudian pada kondisi
treatment (B) menjadi 100%, dan kemampuan anak setelah tidak diberi intervensi
lagi ialah stabil 100%. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar
kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan,
jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, sertaOverlap pada
analisis data 0%. Oleh karena itu disarankan pada guru dalam menulis huruf
khususnya menulis huruf vocal bagi anak tunarungu sedang agar menggunakan
metode latihan sensoris motor untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan Sensoris Motor
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:23
Last Modified: 26 Jun 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14725

Actions (login required)

View Item
View Item