Kontribusi Variasi Penggunaan Metode Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi dan Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X di SMAN 15 Padang

Marta, Rizkayeni (2013) Kontribusi Variasi Penggunaan Metode Pembelajaran dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi dan Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas X di SMAN 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIZKAYENI_MARTA_97864_798_2014.pdf] Text
B1_5_RIZKAYENI_MARTA_97864_798_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X semester ganjil 2013/2014 di SMAN 15 Padang, dimana 58,4% siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi variasi penggunaan
metode pembelajaran dan aktivitas belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran TIK siswa kelas
X di SMAN 15 Padang. Populasi penelitian ini berjumlah 274 orang dan sampel berjumlah 74 orang siswa kelas X di SMAN 15 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Proportional Random Sampling). Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran
TIK. Sedangkan data variasi penggunaan metode pembelajaran dan aktivitas belajar dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian
data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan Microsoft Excel 2007 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Variasi Penggunaan Metode Pembelajaran memberikan kontribusi
sebesar 26,12% terhadap hasil belajar siswa, (2) Aktivitas belajar memberikan kontribusi sebesar 22,38% terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Variasi Penggunaan Metode Pembelajaran dan Aktivitas Belajar secara bersama-sama
memberikan kotribusi sebesar 41,47% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas X di SMAN 15 Padang. Jadi dapat disimpulkan bahwa Variasi Penggunaan Metode Pembelajaran dan Aktivitas Belajar berkontribusi
terhadap hasil belajar, semakin optimal peran guru dalam variasi penggunaan metode pembelajaran, dan semakin tinggi aktivitas belajar siswa dalam proses
pembelajaran, maka hasil belajar akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:22
Last Modified: 26 Jun 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item
View Item