Efektivitas Media Grafis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II di SDN 17 Jawa Gadut

Sari, Defi Fitria (2014) Efektivitas Media Grafis untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II di SDN 17 Jawa Gadut. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DEFI_FITRIA_SARI_54038_5332_2014.pdf] Text
B1_2_DEFI_FITRIA_SARI_54038_5332_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
SDN 17 Jawa Gadut Padang, seorang anak berkesulitan belajar kelas II yang
mengalami masalah dalam membaca permulaan. Kemampuan anak masih sangat
rendah, anak sering salah dalam membedakan huruf serta belum bisa membaca suku
kata dan kata. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
membuktikan efektivitas media grafis untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan bagi anak berkesulitan belajar X.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single
Subject Design (SSD) dengan disain multiple baseline cross variables. Data di
analisis dengan analisis visual grafik. Subjek penelitian anak berkesulitan belajar
kelas II. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan pencatatan data jumlah soal yang
dijawab benar dengan menggunakan frekuensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kemampuan anak dalam membaca
permulaan meningkat dengan menggunakan media grafis. Pada target behavior 1
baseline (A), pengamatan dilakukan sebanyak 7 kali, dengan data stabil rendah dan
mean level 3. Pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak 9 kali,
mean level 5,67 dan trend meningkat. Target behavior 2 baseline (A), data stabil
rendah dan mean level 0. Kondisi intervensi (B) dengan mean level 18,56 trend
meningkat. Target behavior 3 baseline (A), data stabil rendah dan mean level 0.
Kondisi intervensi (B) dengan mean level 9,67 trend meningkat. Jika dilihat dari
perubahan data analisis antar kondisi target behavior 1 pada kondisi B/A sebesar +2.
Target behavior 2 pada kondisi B/A sebesar +19. Target behavior 3 pada kondisi
B/A +9. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan media grafis efektif
untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak berkesulitan belajar
X kelas II di SDN 17 Jawa Gadut Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Grafis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:22
Last Modified: 26 Jun 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item
View Item