Permasalahan yang Dialami Siswa SMA N 2 Padang dalam Pemilihan Jurusan.

Wahyuni, Elvi (2012) Permasalahan yang Dialami Siswa SMA N 2 Padang dalam Pemilihan Jurusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELVI_WAHYUNI_83192_5603_2012.pdf] Text
B1_5_ELVI_WAHYUNI_83192_5603_2012.pdf

Download (794kB)

Abstract

Kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah memungkinkan siswamengetahui dan memahami kemampuan, bakat dan minat yang ada pada dirisiswa dan untuk mencapai tujuan pendidikan itu dibutuhkan kegiatan belajar agarpotensi siswa dapat berkembang secara optimal dan menjadi manusia yangberiman, cerdas, berilmu, kreatif, mandiri dan menjadi manusia seutuhnya. Situasiyang banyak ditemui di lapangan saat ini masih banyak siswa yang mengalamimasalah dalam penjurusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkanpermasalahan yang dialami siswa dalam pemilihan jurusan dilihat daripemahaman diri dan lingkungan, kondisi lingkungan, dan proses pemilihanjurusanPenelitian ini berbentuk deskriptif, populasi penelitian adalah seluruhsiswa kelas X SMAN 2 Padang yang berjumlah 326 orang dan teknikpengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random samplingsehingga didapat sampel penelitian sebanyak 77 orang.Alat pengumpul data yangdigunakan adalah angket yang mengungkapkan permasalahan yang dialami siswadalam penjurusan, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakanteknik persentase.Melalui temuan penelitian mengenai permasalahan yang dialami siswadalam pemilihan jurusan terungkap bahwa: (1) dilihat dari pemahaman diri danlingkungan 27,49% siswa mengalami masalah dalam pemilihan jurusan padaaspek pemahaman kemampuan dan potensi yang dimiliki , 20,35% siswamengalami masalah dalam pemilihan jurusan pada aspek pemahaman diri yangterkait dengan lingkungan.(2) dilihat dari kondisi lingkungan 14,94% siswamengalami masalah dalam pemilihan jurusan pada aspek kondisi lingkungankeluarga, 9,52% siswa mengalami masalah dalam pemilihan jurusan pada aspekkondisi lingkungan sekolah, 27,27% mengalami masalah dalam pemilihan jurusanpada aspek kondisi lingkungan masyarakat (3)dilihat dari proses pemilihanjurusan 17,21% siswa mengalami masalah dalam pemilihan jurusan pada aspekproses pemilihan jurusan, 18,18% siswa mengalami masalah dalam pemilihanjurusan pada aspek penetapan jurusan yang dipilihBerdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada guru BK agar tetapdapat membimbing dan membantu siswa dalam mengentaskan masalah terkaitdengan penjurusan melalui pelayanan bimbingan konseling seperti layananinformasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling individu, serta layananbimbingan kelompok berkenaan dengan pemahaman diri dan lingkungan sertaproses pemilihan jurusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERMASALAHAN SISWA, BIMBINGAN KONSERLING
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:21
Last Modified: 26 Jun 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14713

Actions (login required)

View Item
View Item