Mili, Rezki Dres (2014) Hubungan Disiplin dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Mahasiswa Jurusan Seni Rupa UNP Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_REZKI_DRES_MILI_96594_3642_2014.pdf [thumbnail of B1_5_REZKI_DRES_MILI_96594_3642_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_REZKI_DRES_MILI_96594_3642_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu tujuan lembaga pendidikan adalah menghasilkan manusia yang memiliki keterampilan berbasis keilmuan untuk digunakan dalam pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai lembaga pendidikan sejauh mana kemampuan UNP itu menghasilkan manusia yang handal, dimana keberhasilan dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik termasuk jurusan seni rupa yang ada didalamnya.Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahya hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah menggambar teknik. Hal ini terlihat masih banyak hasil belajar mahasiswa berada di bawah standar nilai sesuai peraturan akademik UNP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas hasil belajar, dan untuk melihat berapa besar keterkaitan antara variabel disipln dan variabel kebiasaan belajar tersebut dengan hasil belajar. Kerangka studi ini berpijak dari teori-teori belajar dan teori-teori pendidikan seni serta beberapa hasil penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Jenis penelitian deskriptif dan korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dari populasi (Simple Random Sampling). Data hasil belajar diperoleh dari dosen mata kuliah menggambar teknik, data disiplin dan kebiasaan belajar diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasinya. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Disiplin memberikan hubungan sebesar 0,411 terhadap hasil belajar menggambar teknik mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Tahun 2013/2014; (2) Kebiasaan Belajar memberikan hubungan sebesar 0,432 terhadap hasil belajar menggambar teknik mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Tahun 2013/2014; (3) Disipin dan kebiasaan belajar bersama-sama memberikan hubungan sebesar 0,495 terhadap hasil belajar menggambar teknik mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Tahun 2013/2014. Jadi dapat disimpulkan bahwa disiplin dan kebiasaan belajar berhubungan terhadap hasil belajar mahasiswa, semakin tinggi disiplin dan kebiasaan belajar yang dimiliki oleh mahasiswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh mahasiswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEBIASAAN BELAJAR, HASIL BELAJAR, MENGGAMBAR TEKNIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:20 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14705 |