Perbedaan Tingkat Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja

Yulia, Riza (2015) Perbedaan Tingkat Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIZA_YULIA_04184_1963_2016.pdf] Text
B1_5_RIZA_YULIA_04184_1963_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada atau sekitar periode tertentu dalam kehidupan manusia. Tugas perkembangan merupakan salah satu tantangan yang akan dihadapi oleh siswa dalam menjalani periode masa
remajanya. Pencapaian tugas perkembangan awal akan mempengaruhi individu dalam mencapai tugas perkembangan pada periode selanjutnya. Setiap siswa akan
memiliki tantangan dalam mencapai tugas perkembanganya. Tantangan dalam diri seperti perubahan fisik yang sangat menonjol yang memerlukan penyesuaian agar
tidak timbul kesulitan bagi remaja itu sendiri. Tantangan dari lingkungan misalnya perlakuan orangtua dan orang dewasa lainnya yang tidak konsisten atau mendua (ambigius) kadang-kadang memperlakukan remaja sebagai anak-anak dan
pada saat lain menuntut remaja itu bertingkah laku sebagai orang dewasa. Fakta di lapangan bahwa masih ada remaja yang menunjukkan tingkah laku tidak sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dilaksanakannya. Dan adanya perbedaan pada setiap siswa dalam mencapai tugas perkembangannya. Hal ini di duga karena perbedaan dalam mencapai tugas perkembangan sebelumnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang berasal dari SMPN 16 Padang yang berjumlah 84
orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik t test.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam mencapai tugas perkembangan menurut jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Tetapi dalam tugas perkembangan berdasarkan status sosial
ekonomi terdapat perbedaan siswa dalam mencapai tugas perkembangannya.Berdasarkan peneltian ini diharapkan sekolah terutama guru BK mampu memberikan layanan-layanan yang dapat membantu pencapaian tugas perkembangan siswa sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:57
Last Modified: 25 Jun 2025 08:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item
View Item