Marcelina, Rezi (2013) Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Video Tutorial Bilingual untuk Pembelajaran Fisika Siswa SMA Kelas XI Semester 1. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_REZI_MARCELINA_05072_5626_2013.pdf [thumbnail of B1_5_REZI_MARCELINA_05072_5626_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_REZI_MARCELINA_05072_5626_2013.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika di SMAN 3 Padang membutuhkan sumber belajar yang mampu meningkatkan rasa ketertarikan dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar untuk dapat menciptakan konsep belajar yang mandiri. Kenyataan yang ditemukan adalah bahan ajar yang tersedia di SMAN 3 Padang terbatas, siswa menggunakan buku teks bilingual Indonesia - Inggris. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial bilingual. Penggunaan media video tutorial bilingual diperkirakan dapat membantu siswa maupun guru dalam kegiatan pembelajaran baik di dalam kelas ataupun di luar kelas secara mandiri. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial bilingual pada pembelajaran fisika siswa SMA kelas XI semester 1 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelum– sesudah untuk satu kelompok sampel. Sebagai objek penelitian adalah media pembelajaran fisika video tutorial bilingual dan siswa kelas XI IPA 7 SMAN 3 Padang yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data penelitian adalah interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik dan analisis secara deskriptif pada uji validitas dan praktikalitas, serta uji perbandingan berkorelasi pada uji efektivitas. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian, yaitu media video tutorial bilingual yang dihasilkan memiliki validitas yang tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 87,17. Penggunaan media video tutorial bilingual dalam implementasi pembelajaran fisika pada siswa kelas XI IPA SMAN 3 Padang adalah praktis sebesar 88,5% dan penilaian yang diperoleh dari respon guru terhadap media video tutorial bilingual adalah 88,25%. Media video tutorial bilingual efektif digunakan siswa sebagai sumber belajar mandiri, yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang berarti bagi siswa pada ranah kognitif dengan nilai thitung sebesar 16,38.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL BILINGUAL, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:57 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14694 |