Preferensi Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan Depot Air Minum Isi Ulang Menggunakan Analisis Konjoin

Elfryady, Dedy (2015) Preferensi Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan Depot Air Minum Isi Ulang Menggunakan Analisis Konjoin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DEDY_ELFRYADY_03784_6208_2015.pdf] Text
B1_2_DEDY_ELFRYADY_03784_6208_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air merupakan suatu kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan untuk
kehidupan manusia, karena air diperlukan untuk minum dan bermacam-macam
kegiatan lainnya. Kebutuhan masyarakat akan air minum terus meningkat seiring
pertumbuhan penduduk. Usaha depot air minum merupakan salah satu alternatif
bisnis skala kecil yang dapat memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat. Hal
tersebut salah satu penyebab banyak ditemukannya depot air minum isi ulang di
Kota Padang, khususnya di Kelurahan Air Tawar Barat. Dengan banyaknya berdiri
depot air minum isi ulang, maka dengan sendirinya akan menimbulkan persaingan
terutama dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Dalam memberikan
kepuasan kepada para pelanggan, perlu dilakukan riset pemasaran untuk
mengetahui pelayanan seperti apa yang lebih disukai oleh konsumen/pelanggan.
Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui tentang kesukaan konsumen
terhadap suatu produk atau jasa adalah dengan analisis Konjoin.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kelurahan Air
Tawar Barat dengan sampel sebanyak 195 responden. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yaitu kuesioner yang diisi oleh pelanggan depot
air munim isi ulang di Kelurahan Air Tawar Barat.
Dari hasil analisis data, nilai level utilitas tertinggi pada atribut cara
pembelian adalah diantar, dan pada atribut karakteristik karyawan nilai level
utilitas tertinggi adalah tepat waktu, sedangkan pada atribut kebersihan nilai level
utilitas tertinggi adalah kebersihan karyawan. Dengan demikian kombinasi yang
dapat mempengaruhi preferensi pelanggan terhadap kualitas pelayanan depot air
minum isi ulang di Kelurahan Air Tawar Barat adalah diantar, dengan karakteristik
karyawan yang tepat waktu, serta memperhatikan kebersihan karyawan. Di sisi lain,
kombinasi yang kurang mempengaruhi preferensi pelanggan terhadap kualitas
pelayanan depot air minum isi ulang di Kelurahan Air Tawar Barat adalah dijemput,
dengan karakteristik keramahan dan kesopanan karyawan, memperhatikan
kebersihan tempat. Kemudian atribut yang paling penting bagi masyarakat adalah atribut kebersihan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:56
Last Modified: 25 Jun 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item
View Item