Umami, Riza (2021) Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA SMP dan Fisika SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIZA_UMAMI_17033153_5662_2021.pdf [thumbnail of B1_5_RIZA_UMAMI_17033153_5662_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIZA_UMAMI_17033153_5662_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian meta analisis pengaruh penggunaan LKS
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pendidikan saat ini menggunakan
Kurikulum 2013. Kurikulum tersebut menuntut terjadinya pembelajaran yang
memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengembangkan segala potensi
yang dimilikinya. Terutama pada abad 21 ini, yang mana kemajuan teknologi
sangat berkembang pesat. Ada banyak teknologi yang biasa digunakan disekolah seperti alat peraga, laptop dan komputer yang didalamnya bisa memuat berbagai media pembelajaran, baik yang berbasis ICT (Informatian and Communication
Technology) maupun manual sehingga diharapkan dengan adanya media dan teknologi yang berkembang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibutuhkan bahan ajar dalam pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa
(LKS). Penelitian meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui nilai effect size pengaruh penggunaan LKS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan
jenjang pendidikan, wilayah,model pembelajaran dan unit materi. Sampel dari penelitian ini menggunakan 24 artikel nasional dan internasional. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini telah dianalisis dan memenuhi kategori untuk
dilakukan perhitungan effect size dan dikelompokkan berdasarkan empat indikator. Terdapat empat indikator kelompok yang dianalisis yaitu berdasarkan jenjang pendidikan, berdasarkan wilayah, berdasarkan model pembelajaran dan unit materi. Hasil dari penelitian meta analisis ini adalah 1) Berdasarkan jenjang
pendidikan SMP dan SMA pengaruh penggunaan LKS sama-sama efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, namun jika dibandingkan dengan hasil effect size tingkat SMP memiliki nilai lebih tinggi, 2) Berdasarkan wilayah,
wilayah aceh lebih efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ,3) Berdasarkan model pembelajaran, model pembelajaran problem based learning digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan Problem Solving efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.4) Berdasarkan Berdasarkan unit materi, gerak lurus pada Jenjang SMA lebih efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
dibandingkan jenjang SMP. Berdasarkan analisis nilai pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-
rata besar pengaruh sebesar 0,90 yang berarti dalam kategori efek tinggi. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa berpengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang pendidikan, wilayah, model pembelajaran dan materi pelajaran yang digunakan. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) efektif digunakan dalam kemampuan berfikir kritis siswa dalam
studi ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:56 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14686 |