Persepsi Siswa Terhadap Layanan Informasi Format Klasikal yang Dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling (BK)

Putri, Riza (2016) Persepsi Siswa Terhadap Layanan Informasi Format Klasikal yang Dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling (BK). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIZA_PUTRI_1100614_1242_2016.pdf] Text
B1_5_RIZA_PUTRI_1100614_1242_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Layanan informasi diberikan oleh guru BK untuk membantu siswa memahami berbagai informasi baik aspek pribadi, sosial, kegiatan belajar,karir/jabatan dan pendidikan lanjutan. Realita yang terjadi di SMK N 2 Padang,
bahwa kurang lancarnya pelaksanaan layanan informasi dalam mengembangkan kehidupan pribadi, sosial, kegiatan belajar, dan karir, karena dipengaruhi oleh persepsi siswa kurang baik terhadap pelaksanaan layanan informasi. Penelitian ini
berawal dari kenyataan yang terjadi bahwa adanya siswa yang berbicara ketika guru BK memberikan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, persepsi siswa tentang materi layanan informasi, metode, media,
dan waktu pemberian layanan informasi yang dilakukan oleh guru BK dalam bentuk format klasikal. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 301 orang dengan sampel penelitian
sebanyak 72 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan yaitu angket dengan model Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa mempersepsi baik tentang materi layanan
informasi yang diberikan oleh guru BK dalam bentuk format klasikal, (2) siswa sudah mempersepsi cukup tentang media layanan informasi yang dilakukan oleh guru BK dalam bentuk format klasikal, (3) siswa sudah mempersepsi baik tentang
metode layanan informasi yang dilakukan oleh guru BK dalam bentuk format klasikal, dan (4) siswa mempersepsi cukup tentang pengunaan waktu layanan informasi yang dilakukan oleh guru BK dalam bentuk format klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru BK agar lebih meningkatkan mutu pelaksanaan layanan informasi terutama dalam hal pemberian materi, pengunaan metode, media dan pengunaan waktu pelaksanaan layanan informasi, sehingga persepsi siswa menjadi lebih baik dan mampu menunjang
kelancaran dan ketercapaian hasil dalam melaksanakan layanan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:55
Last Modified: 26 Jun 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item
View Item