Fitriani, Riza (2014) engaruh Penerapan LKS Berorientasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIZA_FITRIANI_12706_983_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RIZA_FITRIANI_12706_983_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIZA_FITRIANI_12706_983_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari masih rendahnya hasil belajar fisika siswa di sekolah. Beberapa penyebab rendahnya hasil belajar siswa antara lain adalah tidak
maksimalnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, siswa tidak diajak untuk membangun sendiri konsep-konsep fisika, sehingga ketika siswa diberi soal yang
dimodifikasi ke dalam bentuk lain, siswa kewalahan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah melalui penerapan LKS Berorientasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penerapan LKS berorientasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 8 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposif
sampling, dimana kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian adalah hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes objektif untuk hasil belajar aspek kognitif, lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif, dan rubrik penskoran
untuk hasil belajar aspek psikomotor. Hasil penelitian menunjukkkan rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif
kelas eksperimen 82,90 dan kelas kontrol 75,94, pada ranah afektif kelas eksperimen 74,52 dan kelas kontrol 69,84, serta untuk ranah psikomotor kelas eksperimen 72,67
dan kelas kontrol 67,67. Data kemudian diuji dengan uji t sehingga didapatkan hargathitung ranah kognitif 2,65, t
hitung ranah afektif 3,31, dan thitung ranah psikomotor 2,75,sedangkan harga t tabel adalah 2,00 pada taraf nyata 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah adanya pengaruh berarti penerapan LKS
berorientasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14677 |