Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) yang Terintegrasi Nilai Karakter Terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa Kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri 2 Sawahlunto

Dewi, Revi Syilviana (2013) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) yang Terintegrasi Nilai Karakter Terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa Kelas XI Ilmu Alam SMA Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_REVI_SYILVIANA_DEWI_05064_3271_2013.pdf] Text
B1_5_REVI_SYILVIANA_DEWI_05064_3271_2013.pdf

Download (872kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu usaha untuk membangun karakter siswa. Salah satu penyebab kurangnya karakter siswa dan rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA N 2 Sawahlunto adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran Koopertif Tipe Team Game Tournament (TGT) yang terintegrasi nilai karakter merupakan model pembelajaran dengan menggunakan langkah penyelesaian yang secara eksplisit dapat dikembangkan di setiap langkah-langkah RPP. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa, nilai karakter yang diharapkan muncul pada siswa saat proses pembelajaran adalah disiplin, kerja keras, tanggung jawab, komunikatif, dan jujur. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) yang terintegrasi nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA N 2 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah ”Quasi Experimental Research” dengan rancangan penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA N 2 Sawahlunto tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik “cluster sampling”. Kelas yang dipilih untuk menjadi sampel adalah kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, observasi untuk ranah afektif dan perilaku karakter. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t untuk ranah kognitif, sedangkan ranah afektif menggunakan uji t dan grafik, perilaku karakter dianalisis melalui interpretasi data dalam bentuk grafik secara kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh data pada ranah kognitif, afektif dan perilaku karakter. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,92 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 77,42. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,12 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka H1 diterima. Pada ranah afektif diperoleh hasil analisi uji t diperoleh thitung = 3,1 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel yang jatuh di luar daerah penerimaan Ho, jadi hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak. Pada perilaku karakter dari nilai disiplin, kerja keras, tanggung jawab, komunikatif, dan jujur diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) yang terintegrasi nilai karakter terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA N 2 Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT), HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:55
Last Modified: 25 Jun 2025 08:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14675

Actions (login required)

View Item
View Item