Riyaldi, Riyaldi (2019) Kontribusi Motivasi Dan Fasilitas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Electrical Fundamental Siswa Kelas X Air Frame Power Plant SMKN Penerbangan Nusantara Ketaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIYALDI_1201908_4933_2019.pdf [thumbnail of B1_5_RIYALDI_1201908_4933_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIYALDI_1201908_4933_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya hasil belajar dibawah KKM standar kompetensi Electrical Fundamental siswa kelas X Airframe Power plant SMK Penerbangan Nusantara Ketaping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar kontribusi motivasi siswa dan fasilitas belajar secara sendiri-sendiri maupun bersama-sam terhadap hasil belajar Electrical Fundamental siswa kelas X Aiframe Powerplant SMK Penerbangan Nusantara Ketaping. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat korelasional.Populasi penelitian berjumlah 137 siswa dan sampel berjumlah 58 siswa kelas X
Aiframe Powerplant SMK Penerbangan Nusantara Ketaping Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proporsional random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari bagian kurikulum di Penerbangan
Nusantara Ketaping. Sedangkan data motivasi siswa dan fasilitas belajar didapat melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahwa (1) Motivasi siswa dan fasilitas belajar secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar 27,88 %, (2) Motivasi siswa berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Program keahlian Electrical Fundamental sebesar 13,91 %, (3) Fasilitas belajar berkontribusi secara signifikan terhadap terhadap
hasil belajar siswa kelas X Program keahlian Electrical Fundamental di SMKN Penerbangan Nusantara Ketaping sebesar
8,64 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Siswa dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama maupun parsial
berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X Program keahlian standar kompetensi Electrical Fundamental siswa kelas X Aiframe Powerplant SMK Penerbangan Nusantara Ketaping tahun ajaran 2018/2019, semakin tinggi
motivasi siswa dan semakin lengkap fasilitas belajar, maka hasil belajar akan semakin baik pula, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:55 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14672 |