Wahyuni, Sri (2013) Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran oleh Tutor dengan Menggunakan Metode Partisipatif pada Program Pendidikan Kesetaraaan Paket C di SKB Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_SRI_WAHYUNI_83143_213_2013.pdf [thumbnail of B1_4_SRI_WAHYUNI_83143_213_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_SRI_WAHYUNI_83143_213_2013.pdf
Download (773kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keseriusan warga belajar dalam
mengikuti pembelajaran Paket C di SKB Padang Timur. Penelitian ini bertujuan
untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran oleh tutor dengan
menggunakan metode partisipatif pada program pendidikan kesetaraan Paket C di
SKB Padang Timur ditinjau dari aspek (1) perencanaan program (2) pelaksanaan
program (3) evaluasi program.
Jenis penelitian yang digunakan berbentuk deskriptif kuantitatif.
Populasinya berjumlah 20 orang. Dan pengambilan sampel dengan metode sensus
dengan jumlah responden seluruhnya 20 orang. Alat pengumpulan data yang
digunakan adalah angket. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif
kuantitatif yang menggunakan rumus persentase. Sebelum angket disebarkan
terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument
Berdasarkan penemuan penelitian maka diperoleh gambaran tentang (1)
pelaksanaan pembelajaran oleh tutor dengan menggunakan metode partisipatif
pada progam pendidikan kesetaraan Paket C di tinjau dari aspek perencanaan
sangat baik,(2) pelaksanaan pembelajaran oleh tutor dengan menggunakan metode
partisipatif pada program pendidikan keetaraan Paket C di tinjau dari aspek
pelaksanaan baik,(3) pelaksanaan pembelajaran oleh tutor dengan menggunakan
metode partisipatif pada program pendidikan kesetaraan ditinjau dari aspek
penilaian sangat baik. Untuk itu penulis menyampaikan beberapa saran (1)
Diharapkan kepada tutor agar lebih meningkatkan lagi perencanaan program
sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan agar dalam proses pembelajaran
tujuan pendidikan dapat dicapai sesuai harapan. (2) Diharapkan kepada tutor agar
lebih mempertahankan dan meningkatkan lagi pelaksanaan metode partisipatif
dalam pemblajaran agar warga belajar dapat berpartipasi saat pembelajaran
langsung. (3) Diharapkan kepada tutor untuk lebi meningkatkan lagi cara
penilaian pada proses pembelajaran dalam pembelajaran partisipatif agar hasil
yang diperoleh sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:54 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14671 |