Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 6 Padang

Harmasari, Riya (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Three Stay One Stray (TSOS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RIYA_HARMASARI_96926_3048_2013.pdf] Text
B1_5_RIYA_HARMASARI_96926_3048_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menuntut siswa untuk terlibat aktif
dalam proses belajar mengajar. Namun pada kenyataannya siswa cenderung
kurang berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapat saat belajar, sehingga
menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Oleh karena itu, perlu
diupayakan model pembelajaran tertentu agar siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami produk ilmiah (konsep, hukum,
asas, teori) berdasarkan proses ilmiah (mengamati, melakukan eksperimen) serta
menimbulkan sikap ilmiah (objektif, terbuka, dan mempunyai rasa ingin tahu)
sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal. Salah satu cara melibatkan
siswa secara aktif ikut dalam proses pembelajaran adalah dengan pembelajaran
kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS). Tujuan penelitian ini untuk melihat
pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe Three Stay One Stray (TSOS)
terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMAN 6 Padang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan
rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini
adalah kelas X
3
sampai X
7
SMAN 6 Padang yang terdaftar pada semester I Tahun
Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive
Random Sampling dan terpilih kelas X
3
sebagai kelas eksperimen dan kelas X
5

sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian pada ranah kognitif adalah tes hasil
belajar, ranah afektif adalah lembaran observasi dan ranah psikomotor adalah
rubrik penskoran. Teknik analisis data pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor
menggunakan uji hipotesis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data hasil belajar
fisika siswa pada tiga ranah. Pertama, hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh
rata-rata kelas eksperimen 79,78 dan kelas kontrol 69,56 . Kedua, hasil belajar
pada ranah afektif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 75,12 dan kelas kontrol
71,04. Ketiga, hasil belajar pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata kelas
eksperimen 74,50 dan kelas kontrol 70,63. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model pembelajaran tipe Three Stay One Stray memberikan pengaruh yang berarti
terhadap hasil belajar fisika siswa baik pada ranah kognitif, afektif dan
psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:29
Last Modified: 25 Jun 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item
View Item