Hubungan antara Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 11 Padang.

Novianti, Elsi (2014) Hubungan antara Perhatian Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSI_NOVIANTI_15638_3860_2014.pdf] Text
B1_5_ELSI_NOVIANTI_15638_3860_2014.pdf

Download (623kB)

Abstract

Perhatian orangtua kepada siswa sesungguhnya merupakan investasi kepadasiswa dalam meningkatkan aktivitas belajar, dan dapat memberikan motivasibelajar yang tinggi pada siswa. Hasil observasi di lapangan telihat sebagian siswakurang termotivasi dalam belajar, misalnya siswa kurang teliti dalam mengerjakantugas yang diberikan oleh guru, bersikap acuh tak acuh saat guru menerangkanpelajaran dan perlengkapan belajar yang kurang lengkap disamping itu jugaterlihat perhatian orangtua yang rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan perhatian orang tua siswa, mengungkapkan motivasi belajarsiswa, mengungkapkan hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasibelajar siswa di SMAN 11 Padang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisisdeskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, kelas XI IPAdan kelas XI IPS SMAN 11 Padang yang terdaftar pada tahun 2013/2014sebanyak 474 orang, Jumlah sampel yaitu 83 orang siswa, yang diperoleh denganteknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data denganmengadministrasikan angket, dan diolah melalui teknik statistik denganmenentukan nilai mean, median, modus, standar deviasi, range dan skor. Untukmelihat hubungan di antara kedua variabel, digunakan teknik Pearson ProductMoment Correlation.Hasil penelitian adalah (1) perhatian orangtua siswa berada pada kategoribaik, (2) motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapathubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajarsiswa dengan rxy = 0.467. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan kepadaorangtua dan guru BK untuk meningkatkan kerjasama dalam rangkamengembangkan perhatian orangtua kearah yang yang lebih baik dan untukmeningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian adalah denganmeningkatkan perhatian orangtua kepada siswa, maka dapat meningkatkanmotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ORANGTUA, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:29
Last Modified: 25 Jun 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item
View Item