Nurleli, Revi (2012) Penerapan LKS Interaktif Berbantuan WebBlog dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII SMPN 1 Sungai Penuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_REVI_NURLELI_86241_939_2012.pdf [thumbnail of B1_5_REVI_NURLELI_86241_939_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_REVI_NURLELI_86241_939_2012.pdf
Download (494kB)
Abstract
Pembelajaran IPA fisika yang diharapkan adalah pembelajaran yang melibatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengalami serta menemukan sendiri konsep pembelajaran. Namun kenyataannya, banyak siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga berdampak pada rendahnya hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Salah satu upaya yang diperkirakan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendorong keaktifan belajar siswa adalah dengan menerapkan LKS interaktif berbantuan WebBlog. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa kelas VIII di SMPN 1 Sungai Penuh dalam ketercapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) pembelajaran dan untuk menyelidiki pengaruh LKS interaktif berbantuan WebBlog dalam pembelajaran IPA fisika terhadap hasil pembelajaran siswa kelas VIII di SMPN 1 Sungai Penuh Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dari penelitian adalah kelas VIIIA dan VIIIB SMP Negeri 1 Sungai Penuh yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor . Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh hasil pembelajaran pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 76,07 dan kelas kontrol yaitu 65,08. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan perolehan bahwa thitung = 3,17 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada diluar daerah penerimaan H0, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada ranah psikomotor diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,07 dan kelas kontrol yaitu 68,97. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan perolehan bahwa thitung = 3,55 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada diluar daerah penerimaan H0, maka Hi diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti Penerapan LKS Interaktif Berbantuan WebBlog Terhadap Hasil Pembelajaran IPA IPA fisika Kelas VIII SMPN 1 Sungai Penuh
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INTERAKTIF BERBANTUAN WEBBLOG, PEMBELAJARAN IPA FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14658 |