Fitria, Riva Cahyani (2021) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Prososial Siswa SMP Negeri 6 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RIVA_CAHYANI_FITRIA_17006174_3264_2021.pdf [thumbnail of B1_5_RIVA_CAHYANI_FITRIA_17006174_3264_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RIVA_CAHYANI_FITRIA_17006174_3264_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kepercayaan diri saat ini sangat kurang dimiliki oleh siswa, saat ini
kepercayaan diri perlu ditanamkan dari kecil kepada anak, karena kepercayaan
diri merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Hal yang saya temui
dilapangan terdapatnya siswa yang kurang memiliki kepercayaan diri.
Kepercayaan diri itu merupakan keyakinan seseorang bahwa ia dapat
menanggulangi permasalahan yang ia alami dengan baik serta dapat memberikan
sesuatu yang menyenangkan bagi orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mendeskripsikan kepercayaan diri, mendeskripsikan perilaku prososial
siswa, dan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara
kepercayaan diri dengan perilaku prososial siswa.
Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan
metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa yang masih
aktif dalam kegiatan akademik. Seluruh siswa berjumlah 576 siswa dan yang
menjadi sampel penelitian kelas VII dan VIII yang berjumlah 421 siswa dengan
sampel sebanyak 206 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random
Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepercayaan diri dan
perilaku prososial siswa dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan
Pearson Product Moment Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kepercayaan diri berada pada
kategori tinggi dengan rata-rata skor 87,70 (64,96%) kebanyakan berada pada
kategori tinggi. 2) perilaku prososial siswa berada pada kategori sedang degan
rata-rata skor 76 (60,8%) kebanyakan berada pada kategori sedang. Terdapatya
hubungan yang berarti kepercayaan diri dengan perilaku prosososial siswa
memiliki hubungan yang signifikan dengan skor koefisien korelasi 0,345 dan nilai
signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi,
dengan besar korelasi 0,345 memiliki tingkat hubungan yang lemah. 3)
berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif signifikan antara
kepercayaan diri dengan perilaku prososial siswa SMP Negeri 6 Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14657 |