Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Gaya dan Usaha Menggunakan Powerpoint sebagai Driver untuk Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP

Riyaningtyas, Retno (2012) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Gaya dan Usaha Menggunakan Powerpoint sebagai Driver untuk Pembelajaran Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RETNO RIYANINGTYAS_89120_2012.pdf] Text
B1_5_RETNO RIYANINGTYAS_89120_2012.pdf

Download (213kB)

Abstract

Bahan ajar interaktif gaya dan usaha menggunakan powerpoint sebagai driver merupakan salah satu sumber belajar untuk siswa dan guru. Pengembangan bahan ajar ini perlu dilakukan untuk membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan meningkatkan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar interaktif gaya dan usaha menggunakan powerpoint sebagai driver yang memiliki deskripsi baik, valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen before-after yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian ada dua yaitu bahan ajar interaktif dan siswa kelas VIII-A SMPN 6 Bintan yang berjumlah 22 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan menurut guru sebagai praktisi, lembar uji kepraktisan di dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, bahan ajar interaktif memiliki validitas tinggi dengan rata-rata dari tenaga ahli 81,94. Kedua, desain bahan ajar interaktif gaya dan usaha menggunakan powerpoint sebagai driver memiliki menu utama home, pendahuluan, materi, latihan, evaluasi, dan penutup yang dilengkapi dengan video dan animasi. Ketiga, penggunaan bahan ajar interaktif dalam implementasi pembelajaran menurut standar proses adalah praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan adalah 92,80 dan hasil penilaian guru IPA Fisika 89,35. Penggunaan bahan ajar interaktif dalam implementasi pembelajaran menurut standar proses adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar IPA Fisika siswa secara berarti

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR INTERAKTIF GAYA USAHA, POWERPOINT SEBAGAI DRIVER, PEMBELAJARAN SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:28
Last Modified: 25 Jun 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

View Item
View Item