Pengaruh Handout Berorientasi Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas IX SMP Pertiwi 2 Padang

Akbar, Giffi Febri Yeni (2015) Pengaruh Handout Berorientasi Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas IX SMP Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_GIFFI_FEBRI_YENI_AKBAR_1101403_2227_2015.pdf] Text
B1_5_GIFFI_FEBRI_YENI_AKBAR_1101403_2227_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih sedikitnya bahan ajar berorientasi
pendekatan saintifik di SMP saat ini, termasuk pada SMP Pertiwi 2 Padang.
Perubahan kurikulum menuntut guru untuk mampu mendayagunakan keseluruhan
potensi siswa dalam belajar, sehingga pembelajaran terpusat pada siswa. Salah
satu pendekatan yang berkaitan dengan tuntutan tersebut adalah pendekatan
saintifik, agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik diperlukan bahan
ajar yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki pengaruh handout beriorientasi pendekatan saintifik terhadap
hasil belajar IPA-fisika siswa kelas IX SMP Pertiwi 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah “quasi eksperiment” dengan rancangan
“randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
IX SMP Pertiwi 2 Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015.
Sampling dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian meliputi
hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Instrumen penelitian
berupa tes tertulis untuk hasil belajar ranah kognitif, lembar observasi untuk hasil
belajar ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk penilaian unjuk kerja ranah
psikomotor. Analisis data untuk hasil belajar ranah kognitif dilakukan dengan uji
kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas yang telah
dilakukan maka uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai adalah uji t. Begitu juga
untuk data hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor.
Analisis data hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas
eksperimen 76,80 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 61,72, hasil belajar
pada ranah afektif didapatkan rata-rata kelas eksperimen 84,33 dan kelas kontrol
yaitu 79,91 sedangkan hasil belajar pada ranah psikomotor didapatkan rata-rata
kelas eksperimen 84,41 lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol yaitu
80,72. Analisis uji thitung untuk ranah kognitif diperoleh 5,80; ranah afektif
diperoleh 2,83; dan ranah psikomotor diperoleh thitung 3,10 sedangkan ttabel untuk
ketiga ranah tersebut adalah 1,67 sehingga hipotesis kerja (Hi) diterima pada taraf
nyata 0,05. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa
terdapat pengaruh yang berarti pemberian handout berorientasi pendekatan
saintifik terhadap hasil belajar IPA-Fisika Siswa kelas IX SMP Pertiwi 2 Padang
dapat diterima pada taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HANDOUT BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:28
Last Modified: 25 Jun 2025 08:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14651

Actions (login required)

View Item
View Item