Pengaruh Profesionalisme, Sikap Staf, dan Kepuasan Masyarakat terhadap Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah Lokal dalam Pelayanan Bidang Kesehatan di Kabupaten Pasaman Barat.

Fitria, Elsi (2016) Pengaruh Profesionalisme, Sikap Staf, dan Kepuasan Masyarakat terhadap Kepercayaan Masyarakat kepada Pemerintah Lokal dalam Pelayanan Bidang Kesehatan di Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ELSI_FITRIA_1205823_1198_2016.pdf] Text
B1_5_ELSI_FITRIA_1205823_1198_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan masyarakat merupakan ujung atau puncak dari tujuanpelayanan publik. Agar dapat mewujudkan kepercayaan masyarakat tersebut,diperlukan beberapa faktor yang diantaranya yaitu profesionalisme, sikap staf, dankepuasan masyarakat. Profesionalisme sebagai kemampuan dan keterampilanaparatur yang atas dasar pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkanpemahaman tentang apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawabnya.Kesungguhan dalam melayani akan menghasilkan sikap staf yang menunjukkanbahwa ia memang ingin melayani bukan ingin dilayani. Kemudian pelayananyang sesuai dengan harapan masyarakat akan menciptakan kepuasan bagimasyarakat.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat. Pengambilan sampelmenggunakan rumus Slovin dengan teknik cluster sampling dan proportionalrandom sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuranskala likert yang terdiri dari lima alternatif jawaban. Data yang diperolehkemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi berganda denganbantuan program SPSS versi 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat profesionalisme dalampelayanan bidang kesehatan di kabupaten Pasaman Barat berkategori cukupdimana TCR variabel ini adalah 60.14%. TCR sikap staf juga termasuk kategoricukup yaitu 62.32%. TCR untuk kepuasan juga termasuk kategori cukup yaitu69.97%. Kemudian TCR dari kepercayaan masyarakat yaitu 59.16% yangmenunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat agak rendah. Pengaruhprofesionalisme terhadap kepercayaan masyarakat sebesar 18.4%, pengaruh sikapstaf terhadap kepercayaan masyarakat sebesar 11.9%, pengaruh kepuasanterhadap kepercayaan masyarakat sebesar 2.1%, dan pengaruh profesionalisme,sikap staf, dan kepuasan secara bersama-sama terhadap kepercayaan masyarakatsebesar 18.8%. Pengaruh atas variabel bebas terhadap variabel terikat tersebutbaik secara parsial maupun secara simultan dapat dipercaya 100% karena sig <0.05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAYANAN KESEHATAN, PROFESIONALISME
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:27
Last Modified: 25 Jun 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item
View Item