Kecerdasan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Padang

Tampubolon, Risna Wati (2019) Kecerdasan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RISNA_ WATI_TAMPUBOLON_15006043_6037_2019.pdf] Text
B1_5_RISNA_ WATI_TAMPUBOLON_15006043_6037_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang
berkelahi didalam kelas saat proses pembelajaran, adanya siswa yang kurang
memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran, kurangnya rasa toleransi
terhadap teman sebaya.masih adanya siswa yang tidak menyapa guru saat
berpapasan dijalan, masih adanya siswa yang bermain gadget pada saat guru
menerangkan pelajaran dan masih adanya siswa yang berbohong kepada guru
saat izin permisi keluar kelas. Penelitian ini bertujian untuk mengukur: (1)
kecerdasan moral siswa pada aspek empati, (2) kecerdasan moral siswa pada
aspek hati nurani,(3) kecerdasan moral siswa pada aspek kontrol diri, (4)
kecerdasan moral siswa pada aspek rasa hormat, (5) kecerdasan moral siswa
pada aspek kebaikan hati, (6) kecerdasan moral siswa pada aspek toleransi, (7)
kecerdasan moral siswa pada aspek keadilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X, XI, XII SMA Negeri 7
Padang yang berjumlah 303 siswa. alat pengumpulan data yang digunakan
adalah angket. teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.
Temuan penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa: (1)
kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek empati berada
pada kategori tinggi dengan persentase 47,24%. (2) kecerdasan moral siswa di
SMA N 7 Padang berdasarkan hati nurani berada pada kategori tinggi dengan
persentase 41,38%. (3) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang
berdasarkan aspek kontrol diri berada pada kategori tinggi dengan persentase
57,59%.(4) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek
rasa hormat berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 48,97%. (5)
kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek toleransi
berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 50,50%. (6) kecerdasan
moral siswa di SMA N 7 Padang berdasarkan aspek kebaikan hati berada pada
kategori tinggi 45,17% (7) kecerdasan moral siswa di SMA N 7 Padang
berdasarkan aspek keadilan berada pada kategori tinggi dengan persentase
49,31%.
Berdasar kan temuan penelitian disarankan kepada guru BK agar dapat
mendukung dan terus memantau perkembangan moral siswa sehingga moral
yang sudah baik dapat terpelihara dan guru BK berupaya meningkatkan
kecerdasan moral siswa melalui pemberian layananan BK di sekolah yang
berkaitan mengenai moral siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 25 Jun 2025 04:22
Last Modified: 25 Jun 2025 05:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item
View Item