Wiwita, Risma (2015) Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Diklat Sistem Operasi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RISMA_WIWITA_1304412_1134_2016.pdf [thumbnail of B1_5_RISMA_WIWITA_1304412_1134_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RISMA_WIWITA_1304412_1134_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah perangkat
pembelajaran berbasis proyek pada mata diklat sistem operasi jurusan teknik komputer dan
jaringan. Perangkat pembelajaran berbasis proyek ini dirancang untuk dapat meningkatkan
motivasi dan kreatifitas siswa sehingga siswa dapat memahami secara keseluruhan materi
yang disediakan dalam mata diklat sistem operasi.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan IDI (Instruksional Development
Institute), adapun prosedur pengembangan IDI yaitu: define, develop, dan evaluate. Jenis data
yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli media, dosen dan siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan
mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan kreatifitas menggunakan perangkat
pembelajaran berbasis proyek.
Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini dalam bentuk buku guru
dan siswa yang sudah valid sebagai berikut; (1) Validitas pembelajaran berbasis proyek
dinyatakan sangat valid pada aspek isi, penyajian dan format dengan total nilai validitas
adalah 95%, (2) Praktikalitas pembelajaran berbasis proyek berdasarkan respon guru setelah
melalui uji coba dinyatakan praktis dengan total nilai 90,21%, sedangkan pada praktikalitas
pembelajaran berbasis proyek berdasarkan respon siswa setelah melalui uji coba dinyatakan
sangat praktis dengan total nilai 78,72% (3) Efektifitas pembelajaran berbasis proyek efektif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebelum dengan setelah menggunakan pembelajaran
berbasis proyek. Dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan
meningkatnya jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 28 orang 87,50% (4) Kreatifitas
pembelajaran berbasis proyek berdasarkan rubrik penilaian guru setelah melalui uji coba
terdiri dari delapan kelompok kecil dinyatakan nilai 3 kelompok sangat baik, 4 kelompok
baik dan 1 kelompok cukup dan nilai masing-masing siswa. Berdasarkan temuan penelitian
ini disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek ini valid, praktis, dan efektif untuk
dimanfaatkan sebagai model pembelajaran pada mata diklat sistem operasi jurusan TKJ SMK
Muhammadiyah 1 Padang, yang dapat meningkatkan aktivitas, kreatifitas dan pemahaman
siswa sehingga bisa membawa dampak meningkatnya hasil belajar siswa serta dapat
meningkatkan kompetensi siswa..
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S2 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14635 |