Aryuna, Resti (2013) Komparasi Kompetensi Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Type TPSq dengan Model Pembelajaran Langsung dalam Pelajaran Fisika di Kelas X MAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RESTI_ARYUNA_84093_5959_2013.pdf [thumbnail of B1_5_RESTI_ARYUNA_84093_5959_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RESTI_ARYUNA_84093_5959_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) merupakan salah satu model pembelajaran yang diperkirakan efektif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran fisika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan model pembelajaran langsung dalam pelajaran fisika di kelas X MAN 1 Padang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian Randomized Post-Test Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di MAN 1 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2011/2012. Sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling, dengan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen 1 adalah kelas X5 yang terdiri dari 46 siswa dan kelas eksperimen 2 adalah kelas X3 yang terdiri dari 47 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupa soal essay untuk ranah kognitif, lembar observasi untuk ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata – rata siswa pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen 1 adalah 81,39 dan kelas eksperimen 2 adalah 74,75. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung ttabel dengan thitung = 4,16 dan ttabel = 1,67. Kesimpulan penelitian ini adalah terima Hi yaitu terdapat perbedaan kompetensi siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dengan model pembelajaran langsung dalam pelajaran fisika di kelas X MAN 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODELPEMBELAJARAN LANGSUNG, PELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14630 |