Marti, Reskita Lusi (2014) Kontribusi Penggunaan Gadget sebagai Sarana Akses Informasi dan Perilaku Belajar Mahasiswa terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RESKITA_LUSI_MARTI_55764_5558_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RESKITA_LUSI_MARTI_55764_5558_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RESKITA_LUSI_MARTI_55764_5558_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi penggunaan gadget sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa. Populasi penelitian ini berjumlah 855 orang dan sampel berjumlah 100 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika pada Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara teknik penarikan Nonprobability Sampling Design yaitu dengan teknik sampling insidental. Sampling incidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.Data mengenai indeks prestasi mahasiswa diperoleh darimahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika pada Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP. Sedangkan data penggunaan gadget sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada mahasiswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) penggunaan gadget sebagai sarana akses informasi dan perilaku belajar mahasiswa secara bersama-sama berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP sebesar 28%, (2) penggunaan gadget sebagai sarana akses informasi berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP sebesar 10,04%, (3) perilaku belajar mahasiswa berkontribusi secara signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP sebesar 10,62%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Gagdet Sebagai Sarana Akses Informasi dan Perilaku Belajar Mahasiswa Berkontribusi terhadap indeks prestasi mahsiswa Jurusan Teknik Elektronika FT-UNP.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGGUNAAN GADGET, SARANA AKSES INFORMASI, PERILAKU BELAJAR MAHASISWA, INDEKS PRESTASI. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 01:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14629 |