Pengaruh Catatan Tulis Susun dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung

Mardani, Rusi (2012) Pengaruh Catatan Tulis Susun dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_RUSI_MARDANI_86214_886_2012.pdf] Text
B1_4_RUSI_MARDANI_86214_886_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan sumber daya manusia adalah rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya nilai ujian Mid semester I kelas VIII dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang termotivasi
dalam pembelajaran, guru kurang memberikan pertanyaan-pertanyan kepada siswa,dan siswa tidak diberi kesempatan untuk membuat catatan sendiri. Sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan kurang menarik. Penerapan catatan tulis susun dalam model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Biologi. Dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh catatan tulis susun dalam model pembelajaran kooperatif tipe think pair
share (TPS) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 2X11 Enam Lingkung tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 2X11 Enam Lingkung. Pengambilam
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas VIII 10 sebagai kelas kontrol dan kelas VII 9 sebagai kelas eksperimen. Instrumen
dalam penelitian ini adalah tes objektif sebanyak 40 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan kriteria t hitung > ttabel, maka hipotesis diterima dan
sebaliknya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 80.98 lebih tinggi secara nyata (P<0,05) dibandingkan nilai kelas kontrol
64.22. Bila dibandingkan dengan ttabel
yaitu 1,68 dan thitung 4.618 maka thitung > t
tabelDengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan catatan tulis susun dalam model pembelajaran
kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh positif pada taraf signifikan 0.05 terhadap hasil belajar biologi siswa di SMP Negeri 1 2X11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:26
Last Modified: 24 Jun 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item
View Item