Persepsi Pendidik PAUD Terhadap Instruktur Diklat Swadaya Peningkatan Mutu PTK-PAUDNI di SKB Wilayah 2 Padang

Utami, Ruli (2015) Persepsi Pendidik PAUD Terhadap Instruktur Diklat Swadaya Peningkatan Mutu PTK-PAUDNI di SKB Wilayah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_RULI_UTAMI_54145_3391_2015.pdf] Text
B1_4_RULI_UTAMI_54145_3391_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan diklat yang berhasil dibuktikan dengan pendidik PAUD yang lebih terampil dan terarah dalam cara mengajarnya, membuat perangkat pembelajaran, dan hal lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan membuka pelajaran oleh instruktur diklat, (2) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan menjelaskan inti pelajaran oleh Instruktur diklat, (3) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan menutup pelajaran oleh Instruktur diklat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasinya seluruh peserta diklat yang berjumlah 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan yaitu sebanyak 24 orang dikarenakan jumlah populasi relatif kecil. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan alat pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan membuka pelajaran oleh instruktur diklat dikategorikan baik, (2) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan menjelaskan inti pelajaran oleh instruktur diklat dikategorikan baik, dan (3) persepsi pendidik PAUD terhadap keterampilan menutup pelajaran oleh instruktur diklat juga dikategorikan baik. Untuk dapat meningkatkan keberhasilan peserta dan program diklat ini disarankan kepada instruktur agar keterampilan membuka pelajaran dalam hal mengabsen peserta lebih ditingkatkan lagi serta meningkatkan keterampilan menjelaskan inti pelajaran dalam hal menjaga tekanan suara, menyelaraskan mimik dan gerak badan, tidak monoton pada satu posisi, penggunaan alat atau bahan yang dapat didengar dan memberikan umpan balik yang baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:51
Last Modified: 24 Jun 2025 07:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14618

Actions (login required)

View Item
View Item