Penerapan Model Pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI.IS.2 SMA N 1 Pariaman

Nurlia, Roza (2015) Penerapan Model Pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI.IS.2 SMA N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ROZA_NURLIA_16242_1405_2015.pdf] Text
B1_4_ROZA_NURLIA_16242_1405_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI.IS.2 SMA N Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas siswa mencatat materi pelajaran 32,35%, bertanya selama proses pembelajaranberlangsung 8,82%, mengeluarkan pendapat 11,76% berdiskusi 11,76% dan menyimpulkan materi pelajaran 5,89%. Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha dari guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
antara lain guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Adapun cara yang dapat membantu peningkatan aktivitas belajar siswa adalah melalui penerapan model
pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance). Jenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari
empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas belajar siswa. Sedangkan alat
pengumpulan data berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P= (F/N) x100%. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IS.2 SMA N 1 Pariaman tahun pelajaran
2014/2015 yang berjumlah 34 orang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar siswa. Aktivitas siswa mencatat materi pelajaran 97,05%, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung 52,94%, mengeluarkan pendapat 58,82%, berdiskusi 73,52% dan menyimpulkan materi pelajaran 44,11%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam hal mencatat
materi pelajaran, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung, mengeluarkan pendapat, berdiskusi dan menyimpulkan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:21
Last Modified: 24 Jun 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item
View Item