Porta, Rerry Aska (2014) Pengaruh Penggunaan LKS Berorientasi Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_RERRY_ASKA_PORTA_96891_807_2014.pdf [thumbnail of B1_5_RERRY_ASKA_PORTA_96891_807_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_RERRY_ASKA_PORTA_96891_807_2014.pdf
Download (668kB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dan belum terlatihnya kemampuan berpikir siswa. Ada beberapa penyebabnya yaitu pembelajaran belum melibatkan siswa dalam membangun konsep secara utuh, pengembangan kemampuan berpikir siswa masih belum dilakukan dengan baik, dan sumber-sumber belajar yang membangun kemampuan berpikir siswa masih terbatas. Metode pembelajaran yang masih belum tepat menyebabkan rendahnya aktivitas siswa dalam menemukan konsep Fisika selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berorientasi Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari delapan kelas dari kelas X.1 sampai kelas X.4 di SMA Negeri 2 Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas X.3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar melalui tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji-t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 65,41 sedangkan kelas kontrol 59,25. Pada ranah afektif, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,05 sedangkan kelas kontrol 72,96 serta pada ranah psikomotor, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,72 sedangkan kelas kontrol 74,33. Berdasarkan uji hipotesis yaitu uji kesamaan hasil thitung ketiga ranah berada di daerah penolakan Ho, berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini diyakini akibat pengaruh penggunaan LKS berorientasi Model Pembelajaran Langsung pada Besaran dan Satuan terhadap hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMA Negeri 2 Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LEMBAR KEGIATAN SISWA, MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:21 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14607 |