Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Problem Solving bagi Siswa Teknik Komputer Jaringan SMK

Nofrianti, Rengga (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Pemrograman Dasar Berbasis Problem Solving bagi Siswa Teknik Komputer Jaringan SMK. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_RENGGA_NOFRIANTI_15076018_2133_2019.pdf] Text
B1_5_RENGGA_NOFRIANTI_15076018_2133_2019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada mata pelajaran Pemrograman Dasar kelas X TKJ pada SMK N 5 Padang belum sepenuhnya disediakan buku pedoman oleh pemerintah. Materi yang dibuat oleh guru pada mata pelajaran pemrograman dasar berbentuk jobsheet yang dibagikan secara soft copy dan tidak jarang guru hanya memberikan program saja sedangkan siswa disuruh mencari materinya di internet, hal itu menyebabkan rendahkan hasil belajar siswa di kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melihat perlunya bahan ajar berupa modul yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Modul dipilih karena dengan modul siswa dapat belajar secara mandiri baik disekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul pemrograman dasar kelas X TKJ di SMK N 5 Padang, yang dikembangkan dengan strategi problem solving. Metode penelitian yang digunakan pada pengembangan modul ini adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengumpulan data berupa angket validitas, angket kepraktisan dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai validitas modul dari pakar materi yaitu 0,82 dan pakar media yaitu 0,77. Nilai praktikalitas respon guru dengan rata-rata skor 87% dan respon siswa 88% serta dinyatakan efektif dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 80 berbanding rerata nilai kelas kontrol sebesar 72.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR, PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:16
Last Modified: 24 Jun 2025 06:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

View Item
View Item