Yunisa, Regina (2012) Pengembangan Bahan Ajar Mind Map Berbasis E- Learning dalam Pembelajaran Fisika Kelas X Semester 1 SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_REGINA YUNISA_84131_2012.pdf [thumbnail of B1_5_REGINA YUNISA_84131_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_REGINA YUNISA_84131_2012.pdf
Download (538kB)
Abstract
Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Padang membutuhkan sumber belajar dalam bentuk bahan ajar yang mampu meningkatkan rasa ketertarikan dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Kenyataan yang ditemukan adalah bahan ajar yang digunakan siswa di kelas X SMAN 2 Padang masih berupa buku teks. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah adalah mengembangkan bahan ajar mind map berbasis e-learning. Penggunaan bahan ajar mind map berbasis e- learning diperkirakan dapat membantu siswa maupun guru dalam kegiatan pembelajaran berbasis KTSP di kelas X SMA. Tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan bahan ajar mind map berbasis e-learning yang memiliki deskripsi baik, valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen sebelum–sesudah untuk satu kelompok sampel . Sebagai objek penelitian adalah bahan ajar mind map berbasis e-learning dan siswa kelas X1 SMAN 2 Padang yang berjumlah 32 orang. Analisis produk yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, sedangkan analisis data ada tiga yaitu: skala likert, analisis deskriptif dan uji perbandingan rata-rata berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Pertama, bahan ajar mind map berbasis e-learning telah dihasilkan dalam bentuk CD pembelajaran. Kedua, bahan ajar mind map berbasis e-learning yang dihasilkan sangat validitas dengan rata-rata dari tenaga ahli 85,48. Ketiga, penggunaan bahan ajar mind map berbasis e-learning dalam implementasi pembelajaran Fisika pada siswa kelas X1 SMAN 2 Padang adalah sangat praktis dengan rata-rata yang diperoleh dari guru sebesar 93,40 dan 94,50 dari siswa dan efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar yang berarti.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAHAN AJAR MIND MAP, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14596 |