Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TAV SMKN 5 Padang

Pratiwi, Muthie Anggyt (2019) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika Siswa Kelas X TAV SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_MUTHIE_ANGGYT_PRATIWI_15065005_5174_2019.pdf] Text
B1_5_MUTHIE_ANGGYT_PRATIWI_15065005_5174_2019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8.0 terhadap hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika (DLE) siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah desain Quasi Experiment Design. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TAV1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dilakukan dengan cara purposive sampling atau berdasarkan pertimbangan tertentu. Cara pengambilan data menggunakan posttest diakhir pembelajaran setelah masing-masing kelas diberi perlakuan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 81,90 lebih tinggi sedangkan nilai kelas kontrol yang mendapatkan rata-rata hanya sebesar 70,20. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan nilai thitung 5879 > ttabel 1677 dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan macromedia flash 8.0.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8.0, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:14
Last Modified: 24 Jun 2025 06:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item
View Item